Cara Melihat Kartu Grafik Pada Laptop/Pc

komputer mengontrol semua tugas terkait dengan pemrosesan grafis dan video seperti 3D rendering, game dan video definisi tinggi. Kartu grafis yang bagus dapat menangani pemrosesan grafis dan video dengan baik. Laptop atau PC dapat memiliki kartu grafis terintegrasi (integrated graphic card) atau yang berdiri sendiri (dedicated graphic card).

Kartu grafis terintegrasi dapat terintegrasi ke motherboard atau di CPU (Central Processing Unit). Laptop biasanya hanya memiliki kartu grafis terintegrasi, tidak ada ruang untuk kartu grafis yang berdiri sendiri. Untuk Anda yang suka bermain game atau menonton film di komputer, mengetahui kartu grafis yang terpasang di komputer sangat diperlukan.

Anda dapat mengetahui apakah kartu grafis masih bekerja dengan baik atau mulai ada masalah. Informasi kartu grafis juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dengan kartu grafis dari vendor lain. Informasi kartu grafis yang lebih spesifik dapat digunakan untuk memastikan driver yang tepat ketika menginstal ulang sistem operasi. Berikut ini adalah cara mengetahui informasi kartu grafis yang terpasang di komputer Windows.

Di semua versi Windows:

  • Buka Control Panel (cari di start menu)
  • Klik Device Manager
  • Buka ‘Display Adapters’ di menu dropdown.
  • Anda akan melihat apa kartu grafik yang tertanam di laptop anda.
  • Anda juga bisa klik bagian ‘Processors’ untuk mengetahui berapa core yang dimiliki prosesor anda.

Apa kartu grafik dan berapa core komputer saya