Perbedaan Linux Server Dengan Linux Desktop

Posted by Rahmat on August 01, 2019

Perbedaan Linux Server Dengan Linux Desktop

Saat mendownload ubuntusering kita lihat terdapat banyak ubuntu, sering kita lihat terdapat pilihan file iso yang di download. Ada berbagai versi. misal versi i386 digunakan pada prosesor dengan arsitektur intel 386 32 bit. AMD 64 digunakan pada prosesor dengan arsitektur AMD 64 bit. sedangkan power PC digunakan pada prosesor power PC yang digunakan oleh apple.

server-linux__56311_std

Selain perbedaan ketiga versi tersebut, masih terdapat perbedaan lain. Seperti torrent dengan non-torrent. Perbedaan tersebut hanya dalam metode download-nya saja. Sedangkan perbedaan yang lain adalah adanya versi Alternate, Server dan versi Desktop.

Mungkin bagi yang belum terbiasa mungkin akan bingung dengan perbedaan tersebut. Apa itu versi desktop, apa itu versi server. Yang membedakan antara versi server dan versi desktop kurang lebihnya adalah sebagai berikut :

1. Size (Ukuran)

Ukuran distribusi desktop biasanya lebih tinggi daripada untuk distribusi server karena perangkat lunak desktop besar seperti video game dan perangkat lunak perkantoran yang disertakan dalam desktop.

2. Ease of Use (Kemudahan Penggunaan)

Versi Desktop termasuk GUI (antarmuka pengguna grafis) untuk sebagian besar komputer fungsi. Distribusi Server tidak termasuk GUI sebagai banyak, terutama sebagai pencegahan keamanan.

3. Support (Dukungan)

Beberapa vendor Linux akan menyediakan Anda dengan pilihan untuk membeli dukungan untuk server dan korban-korban desktop. Beberapa orang lain akan bergantung pada komunitas pengguna untuk dukungan.

4. Version (Versi)

Server menggunakan versi perangkat lunak, sementara desktop biasanya menggunakan versi terbaru karena versi lama seringkali memiliki bug lebih sedikit dan lebih stabil.

5. Lifecycle (Siklus Hidup)

Distribusi Desktop memiliki cepat, biasanya 1 tahun, siklus hidup. Server sering didukung selama bertahun-tahun sebelum mendapatkan versi baru.

6. Security (Keamanan)

Distribusi Server adalah lebih aman karena mereka menggunakan versi yang lebih stabil dan lebih tua dari perangkat lunak. Mereka juga akan diinstal dengan skema keamanan yang lebih ketat.

linux-desktop1-348x196

7. Pengguna

Ubuntu desktop umumnya di install untuk user yang memakai ubuntu sebagai end user yang pemakainnya hanya sebatas mendengarkan music, internet, office dan sejenisnya.Ubuntu server diinstall di lingkungan enterprise atau perusahaan untuk keperluan seperti web server ataupun router

8 Default User interface

Desktop secara default akan menginstall desktop Gnome yang elegan dan mudah dipakai. Jika anda adalah user baru yang bermigrasi dari windows, anda tidak perlu waktu lama untuk menyesuaikan diri dengannya. di ubuntu desktop sudah tersedia aplikasi firefox dan openoffice (paket aplikasi perkantoran free yang mirip dengan Microsoft office) yang sebagian besar pemakai windows sudah mengenalnya. Server sebaliknya, secara default versi server ini tidak menyertakan antarmuka GUI, yang ada hanya shell alias Command line. jika anda pemula dilinux dan anda menginstall ubuntu versi ini, dijamin anda akan kebingungan mengoperasikan ubuntu server.

9.Aplikasi

Selain target pengguna dan User interface, Hal ketiga yang jelas jelas berbeda yaitu aplikasi. Jika anda menggunakan ubuntu desktop maka anda diberi menu yang isinya firefox, Openoffice dan kawan kawannya yang cara penggunaannya tinggal klik atau double klik. berbeda dengan aplikasi yang disertakan di versi server. Hampir 100% aplikasi yang disertakan harus anda ketik di konsole. dan aplikasi bawaan dari ubuntu server sekedar info buat anda berupa aplikasi serveri webserver, DNS server, DHCP server, firewall, openSSH dan sofware lain yang mungkin anda baru mendengarnya.

10. Teknologi

Hal ini tampak sekali jika anda adalah pengguna Linux yang sudah lama bergelut di linux. Teknologi yang dipakai di Linux server di desain agar mampu menangani memori sampai puluhan Giga ataupun menangani Multicore CPU. selain itu teknologi yang dibenamkan diserver juga umumnya hanya dipakai oleh orang yang benar benar advanced di Linux.

Nah begitu saja, singkatnya jika anda bingung dengan penjelasan tentang server berarti Linux desktop cocok untuk anda. Namun jika anda malah penasaran dengan berbagai hal yang ditawarkan oleh Linuxserver karena anda ingin mengimplementasikan di perusahaan anda atau anda ingin sekedar ‘bermain’ dan mencicipi versi server silahkan coba Linux versi server.