@meta('canonical')

Membuat Bot Father Telegram

Bot_Father_telegram

Bot Telegram adalah sebuat fungsi broadcaster sebuah pesan baik gambar ataupun data, BotFather ini banyak manfaatnya. Saya sudah memanfaatkan ini sebagai broadcast pesan jaringan berikut contohnya 

Bot_network

Sangat unique sekali, nah untuk memulai kita bisa membuat Bot sendiri berikut caranya:

Botfather_new

Jadi di colomn pencarian kontak telegram di cari dengan nama BotFather lalu klick untuk membuat bot baru, setelah diklick maka akan ada tampilan sebagai berikut :

Botfather_first_time

Untuk membuat nama Bot baru kita bisa mengetikan perintah /newbot contoh :

Botfather_newbot_first_time

Setelah ada respon lanjutkan dengan memasukan nama botnya, nama bot ini berfungsi sebagai username bot telegram yang unique, bot ini tidak akan bentrok layaknya seperti kita punya login username kedalam systam, betikut kelanjutan dari pembuatan botnya.

BotFather_name_backup_mikroti

Nama bot nya adalah back-mikrotik terus untuk usernamenya backup_mikrotik_bot, setelah selesai maka tampilan nya adalah sebagai berikut :

Finish_bot_telegram

Bot telegram telah berhasil dibuat, dengan token seperti yang saya bloor pada gambar APInya, karena token ini nanti berfungsi untuk komunikasi ketegram dengan menggunakan token tersebut. Untuk mengetest kita bisa mencari bot telegramnya dengan mamsukan nama bot nya, contoh masukan nama bot nya.

BotFather_search_name_bot

Selesai, pembuatan Bot Telegram, untuk pemanfaatanya akan saya buatkan artikel selanjutnya yang akan saya kombinasikan dengan Router Mikrotik untuk membackup Mikrotik. Semoga bermanfaat artikel yang saya buat ini.


Baca Juga !!